Asuransi Allianz: Tips Membeli Asuransi Jiwa Bagi Pemula


Memiliki asuransi kerap sekali dipandang sebelah mata bagi sebagian masyarakat. Padahal adanya asuransi sangatlah diperlukan sebagai proteksi dini terutama dari segi finansial dari kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi di masa depan. Asuransi jiwa menjadi jenis asuransi yang kerap dianggap kurang penting bagian sebagian besar orang. Padahal jenis asuransi yang satu ini terbilang sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Asuransi jiwa sangat berguna sebagai pengganti sumber pendapatan keluarga jika sesuatu buruk terjadi pada tulang punggung keluarga, seperti sakit, cacat permanen, atau meninggal dunia. Banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa, salah satunya asuransi Allianz.

Memiliki asuransi jiwa mulai dari sekarang, terlebih setelah Anda sudah berkeluarga akan sangat berguna sekali untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk yang mungkin menimpa di masa depan. Dengan begitu, hidup menjadi lebih tenang karena sudah memiliki perlindungan dan keuangan juga bisa lebih stabil ketikan terjadi sesuatu resiko sebab adanya uang pertanggungan dari pihak perusahaan asuransi.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli asuransi jiwa sebagai perlindungan diri maupun keluarga tercinta, sangat disarankan lebih teliti dalam memilihnya. Karena ada banyak sekali produk asuransi jiwa yang ditawarkan dari berbagai perusahaan dengan jenisnya yang beragam pula. Dengan memiliki produk asuransi jiwa yang tepat tentunya akan menghindarkan dari kekecewaan di kemudian hari dan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi yang dibeli. Berikut ini ada beberapa tips dalam membeli asuransi jiwa yang bisa diterapkan bagi pemula, yaitu:

Kenali produk asuransi jiwa.

Jenis asuransi jiwa sangatlah beragam, antara lain asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi jiwa unit link. Masing-masing bisa diperuntukan bagi kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya ini agar bisa membeli produk yang tepat.

Sesuaikan premi asuransi dengan kondisi finansial.

Setelah membeli asuransi jiwa, nantinya Anda akan dikenakan kewajiban membayar sejumlah uang premi setiap bulannya, setiap tiga bulan, enam bulan, atau bahkan setiap tahunnya, sesuai dengan kesepakatan. Agar tidak mengganggu keuangan keluarga, sebaiknya pilih premi asuransi yang sesuai dengan kondisi finansial saat ini.

Ketahui besaran uang pertanggungan asuransi yang akan didapatkan.

Akan ada uang pertanggungan yang diberikan ketika Anda memiliki asuransi jiwa. Besaran uang pertanggungan ini tergantung dari premi yang dibayarkan. Semakin tinggi premi yang dibayarkan, maka semakin besar juga uang pertanggungan yang akan didapatkan.

Perhatikan rekam jejak perusahaan asuransi.

Untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi, Anda bisa melihatnya dari adanya penghargaan yang didapatkan, sudah terdaftar di OJK, memiliki tingkat modal minim berbasis resiko atau RBC, dll. Seperti asuransi Allianz misalnya yang sudah memiliki beberapa kriteria karena sudah terpercaya hingga puluhan tahun.

Pastikan agen asuransi tempat Anda membelinya sudah memiliki lisensi.

Jika Anda membeli asuransi jiwa melalui agen, pastikan memang sudah berlisensi. Pasalnya tidak semua agen yang menawarkan asuransi resmi dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Karena memang ada yang hanya bertindak sebagai perantara atau broker.

Pilih yang memberikan pelayanan terbaik.

Pastikan layanannya memang terbaik, seperti adanya layanan pelanggan 24 jam. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda membutuhkan sesuatu sewaktu-waktu.

Bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

Anda bisa membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan yang berbeda agar mendapatkan yang terbaik dengan melihat dari segi premi, uang pertanggungan, masa kontrak, hingga manfaat yang didapatkan.

Pelajari isi polis dengan seksama.

Hal ini penting agar tidak mengalami kendala di kemudian hari terutama saat melakukan klaim. Jika Anda membeli asuransi Allianz, pastikan hal ini Anda perhatikan baik-baik.

No comments for "Asuransi Allianz: Tips Membeli Asuransi Jiwa Bagi Pemula"