Penuhi Kebutuhan Nutrisi Usia Balita


Kebutuhan Gizi dan nutrisi menjadi sangat penting bagi buah hati tercinta yang memasuki usia 1-5 tahun. Ini karena menjadi usia pra sekolah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya optimal.

Ketika nutrisi anak usia 1-5 tahun terpenuhi, hal itu memberikan kesiapan bagi anak yang meningkat saat hendak memasuki sekolah.

Menurut Ahli Nutrisi Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono M.Sc, ada beberapa strategi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi usia balita dan prasekolah. Hal itu disampaikannya dalam acara Dancow Nutritods yang dihadiri AkuratParenting di Salemba, Jakarta Pusat, Senin (27/1).

"Pertama pilih bahan makanan segar dan baca label makanan cermat. Baca label kemasan makanan pabrikan, kuatir adanya kandungan gula tersembunyi minyak yang terhigronasi dan lain-lain bahan tambahan pangan," jelasnya.

dr. Saptawati mengatakan bahwa sebaiknya para orangtua lebih memilih buah segar dibanding dengan jus. Bila dirasa sulit, campur jus buah dengan air campur yogurt berasa dengan yogurt murni atau ganti susu coklat dengan susu biasa

Selain itu penting menjaga status hidrasi buah hati dengan meminum air tanpa gula maupun teh tanpa gula. Kedua ia menganjurkan untuk selalu menyediakan sayur dan buah.

dr. Saptawati menilai bahwa anak-anak membutuhkan banyak masukan buah dan sayur bervariasi. Sebaiknya sayuran dan buah disediakan sesuai anjuran yaitu sekitar 3-5 mangkok porsi makan setiap hari agar terhindar dari defisiensi zat besi, vitamin A, iodium, zinc, selenium dan berbagai vitamin B.

"Masalahnya tidak semua anak menyukai buah dan sayur secara langsung. Solusinya sajikan dengan cara berbeda seperti digoreng, sebagai sup, dicampur dengan buah ataupun sajikan dengan dibentuk jadi karakter yang lucu dan menarik bagi anak. Terus berikan anak sayur dan buah, biasanya butuh waktu 10 kali pemberian sebelum anak mau melahapnya," tambahnya.

Selanjutnya yang perlu dilakukan oleh orangtua untuk memenuhi nutrisi buah hati adalah membantu mereka untuk dapat menghabiskan porsi hidangan yang sesuai. Dalam hal ini orang tua perlu menjadi role model bagi anak mereka masing-masing.

"Lalu ada peran fortifikasi dan probiotik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk melindungi anak dari infeksi," tutup dr. Saptawati.

No comments for "Penuhi Kebutuhan Nutrisi Usia Balita "